Berita

Nutrisi Pasien Myasthenia Gravis

..28 December 2010

Nutrisi dan Pengaturan Pola Makan

Waktu Makan

Rencanakan waktu makan Anda saat Anda dapat beraktivitas secara optimal. Makanlah secara perlahan-lahan dan beristirahat diantara tiap kunyahan bila diperlukan. Jika kelelahan dialami Anda pada saat tengah hari maka mulailah untuk makan di pagi hari atau lebih pagi dari biasanya. Selain makan dalam tiga porsi besar yaitu makan pagi, makan siang dan makan malam. Cobalah untuk makan dalam lima atau enam porsi kecil. Jika Anda mengkonsumsi obat pyridostigmine bromide secara rutin maka Anda dapat memakan makanan Anda satu jam kemudian.

Kesulitan Mengunyah dan Menelan

Gejala-gejala Myasthenia Gravis sangat bervariasi. Tidak semua pasien myasthenia gravis mengalami kesulitan menelan dan mengunyah. Tetapi kelemahan otot-otot lidah, mulut, rahang dan tenggorokan yang dialami pasien mungkin akan menyebabkan kesulitan mengunyah dan menelan.

Selama masa kelemahan, pasien akan mudah sekali mengalami kelelahan saat makan dan mengalami kesulitan makan sementara pasien mungkin akan sangat membutuhkan nutrisi dan kalori untuk beraktivitas. Hal ini dapat menyebabkan malnutrisi dan penurunan berat badan yang tidak diharapkan.

Kemungkinan pasien juga akan merasa makanan seperti “lengket” atau tersangkut di tenggorokan. Cairan mungkin juga akan kembali naik ke hidung disebabkan kelemahan otot yang memisahkan antara tenggorokan dan hidung.

Kelemahan kerongkongan juga dapat menyebabkan kesulitan mengunyah makanan padat yang dapat mengakibatkan batuk saat makan. Jika saluran aliran nafas dihalangi oleh makanan atau batuk maka hal ini dapat menyebabkan kematian. Ini menjadi alasan anggota keluarga sebaiknya berperan aktif saat pasien Myasthenia Gravis makan.

Bagaimana caranya agar mengunyah dan menelan terasa lebih mudah?

Memodifikasi konsistensi makanan dapat menyebabkan pasien Myasthenia gravis mendapatkan nutrisi terbaik. Saat pasien mengalami kesulitan menelan dan mengunyah makanan misalnya buatlah makanan menjadi lebih lembut, dan mudah ditelan serta dikunyah. Ketika makan, masukkan minuman untuk melumatkan makanan sehingga mencegah makanan padat untuk lengket di kerongkongan.

Modifikasi makanan

Biasanya obat golongan antikolinergik seperti Mestinon® dapat menyebabkan kram dan diare. Bila hal ini menjadi masalah maka segera konsultasikan kepada dokter yang merawat Anda, apakah dosis mestinon yang diberikan harus dikurangi atau ditambahkan guna meminimalkan efek samping. Jangan mengkonsumsi obat antidiare bila anda mengalami efek samping diare yang dialami ketika Anda mengkonsumsi mestinon sebelum dikonsultasikan kepada Dokter.

Hindari makanan yang banyak mengandung lemak, produk susu kecuali youghurt, makanan berbumbu pedas, makanan berminyak dan makanan yang mengandung serat tidak larut seperti sayuran mentah, pop corn, buah-buahan kering dan biji-bijian.

 Hindari pula minuman seperti kopi, teh dan cokelat yang mengandung kafein yang akan mempercepat stimulasi saluran cerna dan membuat diare semakin parah.

Diare dapat menyebabkan kehilangan cairan dan mineral. Pilihlah makanan yang lunak dan mudah dicerna namun kaya akan mineral seperti kalium dan natrium (kecuali jika Anda diet Natrium).

Jika Anda juga mengkonsumsi obat golongan steroid misalnya prednisone yang dapat menyebabkan pengeroposan tulang, Hal penting yang harus dilakukan guna memenuhi kecukupan kebutuhan kalsium dan Vitamin D adalah konsumsi 1500 mg kalsium dan 400-600 I.U Vitamin D dalam setiap makanan atau suplemen makanan yang Anda konsumsi. Hal ini dapat anda temukan di dalam ikan sarden, salmon, jus dan sereal yang kaya akan kalsium.

Steroid juga akan mengurangi retensi cairan sehingga sangat penting untuk mengurangi asupan natrium dan meningkatkan asupan kalium. Hindarilah garam. Masaklah makanan dengan sedikit garam atau gunakan pengganti garam lainnya. Hindari juga daging yang dibakar, sayuran dan buah-buahan dalam kaleng, snack-snack yang mengandung garam ataupun makanan makanan yang mengandung garam di dalamnya.  

Sebagai pasien Myasthenia Gravis yang penting harus Anda lakukan adalah menyeimbangkan makanan yang dikonsumsi dengan mengkonsumsi makanan yang cukup nutrisi.

Masalah Nutrisi yang mungkin dialami pasien Myasthenia Gravis

Masalah menelan dan mengunyah mungkin dapat menyebabkan masalah nutrisi

Memilih makanan

Pilihlah makanan yang mengandung nutrisi yang dibutuhkan sesuai dengan usia, jenis kelamin, aktivitas Anda sehari-hari. Hindari makanan yang tidak mengandung nutrisi dan tidak mengandung kalori seperti snack. Pilihlah makanan seperti sayuran, buah-buahan dan daging namun rendah lemak, minyak, garam dan pemanis.